Jumat, 03 Juni 2011

Billy Cobham



Umumnya diakui sebagai drummer fusi terbesar, teknik bahan peledak Billy Cobham's powered beberapa rekaman yang paling penting genre awal - termasuk upaya terobosan oleh Miles Davis dan Mahavishnu Orchestra - sebelum ia menjadi pemimpin band dicapai di kanan sendiri. Pada yang terbaik, Cobham dimanfaatkan ketangkasan luar biasa ke dalam gemuruh, hibrida beroktan tinggi kompleksitas jazz dan rock & roll agresi. Dia mampu halus, alur funky di satu sisi, dan improvisasi solo mengagumkan di sisi lain, bahkan, keahlian teknis nya adalah seperti yang flash kadang-kadang bisa membanjiri musiknya. Setelah memulai debutnya sebagai pemimpin dengan Spectrum klasik pada tahun 1973, Cobham menghabiskan sebagian besar hari kemuliaan fusi's rekaman untuk Atlantik; singkat menjalankan tugas di CBS, Elektra, dan GRP diikuti, dan pada pertengahan '80-an, Cobham de-menekankan band sendiri mendukung sesi dan bekerja sideman. Meski begitu, ia terus merekam berbagai label kecil secara teratur.
William C. Cobham lahir 16 Mei 1944, di Panama, dimana anak yang sangat muda dia menjadi tertarik dengan instrumen perkusi sepupunya dimainkan. Ketika Cobham berusia tiga tahun, keluarganya pindah ke New York City, dan pada usia delapan ia membuat debut penampilannya dengan ayahnya. Beliau mengasah ketrampilan perkusi-nya di baju korps drum-dan-terompet yang disebut Queensmen di St Catherine, dan dihadiri bergengsi New York High School of Music dan Seni, lulus pada tahun 1962. Dari tahun 1965 sampai 1968, ia menjabat sebagai perkusi di US Army Band, dan setelah dibebaskan, ia dipekerjakan sebagai drumer baru di band hard bop pianis Horace Silver's. Cobham tur AS dan Eropa dengan Silver pada tahun 1968, dan juga moonlighted dengan Stanley Turrentine, Shirley Scott, dan George Benson. Setelah delapan bulan dengan Silver, Cobham berangkat untuk bergabung dengan jazz rock-awal Dreams combo pada tahun 1969, yang juga menampilkan saudara Brecker dan gitaris John Abercrombie. Dari sana, ia mendarat pekerjaan di ansambel fusion baru Miles Davis ', dan memainkan peran kecil dalam sesi mani Bitches Brew, ia juga muncul lebih menonjol di beberapa album Davis lainnya dari waktu, termasuk klasik lebih agresif seperti Live-Evil dan A Tribute Jack Johnson.
Cobham dan gitaris John McLaughlin memisahkan diri dari kelompok Davis 'untuk mengejar merek keras goyang fusi di Mahavishnu Orchestra, yang memulai debutnya pada tahun 1971 dengan The Inner Mounting Flame mani. Dengan Mahavishnu, intensitas api Cobham adalah diberikan ditayangkan secara maksimal belum, dan teknik yang luar biasa dipengaruhi tidak hanya fusioneers yang tak terhitung jumlahnya di belakangnya, tetapi juga cukup beberapa drumer rock prog yang bertujuan sama seperti menantang wilayah musik. Tahun 1972 tindak lanjut Burung Api disemen reputasinya, dan saat ini ia juga menjadi sesuatu dari drummer di rumah tidak resmi untuk label CTI Creed Taylor, dikenal karena gaya, halus lebih halus dari fusi; sini Cobham musisi didukung seperti George Benson, Stanley Turrentine, Freddie Hubbard, Hubert Hukum, dan Grover Washington, Jr Sayangnya, kimia kelompok volatile yang membuat rekaman Mahavishnu begitu menarik juga terbawa ke kehidupan nyata dan formasi asli dibubarkan pada tahun 1973.
Memutuskan untuk membuat pergi itu sendiri, Cobham membentuk band sendiri, Spektrum (yang awalnya menampilkan mantan-Mahavishnu kohort Jan Hammer pada keyboard), dan ditandatangani dengan Atlantik. debut-Nya sebagai pemimpin, juga disebut Spectrum, dirilis pada tahun 1973, menampilkan sebuah menarik campuran jazz, funk, dan batu yang diuntungkan dari kehadiran gitaris John Scofield dan Tommy Bolin (yang terakhir lebih dikenal dengan rekaman rock nya), melainkan juga menemukan Cobham bereksperimen sedikit dengan perkusi elektronik. Spectrum masih umumnya diakui sebagai titik tinggi karir solo Cobham, dan memegang cukup baik hari ini. Cobham Spectrum diikuti dengan serangkaian piringan hitam di Atlantik yang, seperti fusi itu sendiri, tumbuh semakin halus dan lebih komersial sebagai 70-an berlalu. Untuk album keduanya, Crosswinds 1974's, ex-Mimpi mate John Abercrombie bergabung dengan band, seperti yang dilakukan keyboardis George Duke, yang akan menjadi kolaborator Cobham sering selama bertahun-tahun, kinerja pada tahun yang sama di Montreux menghasilkan Shabazz hidup. Setelah Total Eclipse, Cobham pindah lebih eksplisit ke komersial-funk jazz dengan 1975's A Thide Funky dari Bernyanyi, yang menampilkan sebuah bagian tanduk diperluas. Dia dikupas kelompok itu kembali untuk diperbaiki dan Kehidupan Times pada tahun 1976, dan juga bermain Montreux lagi, seiring dengan Duke.
Pada tahun 1977, Cobham beralih ke label CBS, yang mengatur tegas di jalan aksesibilitas komersial. Selain catatan-Nya sebagai pemimpin, ia tetap sangat aktif sebagai drummer sesi, dan mulai fokus pada sisi karirnya bahkan lebih pada akhir 70-an. Pada tahun 1980, ia dilakukan dengan CBS dan mulai mengejar peluang sisi, bermain hidup dengan Grateful Dead dan Jack Bruce, serta band Saturday Night Live. Dia ngetukkan untuk sisi Grateful Dead proyek Bobby & the Midnites pada tahun 1982, dan merekam tiga album untuk Elektra di awal '80-an dengan kuartet baru itu Glass Menagerie. Selama pertengahan '80-an, ia memotong tiga piringan hitam yang berorientasi komersial untuk GRP, dan menghabiskan beberapa tahun ke depan melangkah Facebook tur internasional dan menyerap dosis yang sehat dari musik dunia. Ia bermain 1992 Peter Gabriel's WOMAD Festival, dan tahun berikutnya dicatat The Traveler, terinspirasi oleh tinggal di Brasil. Pada tahun 1996, ia membentuk sebuah kuartet lebih berorientasi akustik disebut Nordic dengan tiga musisi Norwegia, pada tahun berikutnya, ia juga mulai baju fusi berbasis di Jerman disebut Paradox. Pada tahun 1998, Cobham mulai bermain dengan sebuah kelompok yang disebut Jazz Is Dead, yang mengabdikan dirinya untuk reinterpretations jazz bahan Grateful Dead; album mereka Blue Light Rain terbukti cukup populer di kalangan Deadheads. Sebagai Cobham dipertahankan tur, sesi, dan kegiatan bandleading, Rhino merilis dasar retrospektif sangat baik dua-CD: The Billy Cobham Anthology pada tahun 2001.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar