Jumat, 03 Juni 2011

Zakir Hussein


Zakir Hussein saat ini dihargai baik di bidang perkusi dan di dunia musik pada umumnya sebagai fenomena internasional. Seorang virtuoso tabla klasik urutan tertinggi, penampilannya konsisten cemerlang dan menarik tidak hanya mengukuhkan dia sebagai harta nasional di negerinya sendiri, India, tetapi diperoleh dia terkenal di seluruh dunia. Iringan favorit bagi banyak musisi klasik terbesar India dan penari, dari Ali Akbar Khan dan Ravi Shankar untuk Birju Maharaj dan Shivkumar Sharma, dia tidak membiarkan sisanya jenius di sana. bermain-Nya ditandai dengan intuisi luar biasa dan ketangkasan menguasai improvisasi, didirikan pada pengetahuan yang tangguh dan belajar.
Luas dianggap sebagai arsitek utama gerakan dunia musik kontemporer, kontribusi Zakir untuk musik dunia telah unik, dengan kolaborasi bersejarah, termasuk Shakti, yang ia dirikan bersama John McLaughlin dan L. Shankar, yang DIGA Rhythm Band, Membuat Musik, Planet Drum dengan Mickey Hart, dan rekaman dan pertunjukan dengan seniman yang beragam seperti George Harrison, Joe Henderson, Van Morrison, Jack Bruce, Tito Puente, Firaun Sanders, Billy Cobham, Hong Kong Symphony dan New Orleans Symphony.
Seorang anak ajaib, Zakir sedang tur oleh usia dua belas, anak berbakat dari ayah yang besar, legenda tabla Ustad Alla Rakha. Zakir datang ke Amerika Serikat pada tahun 1970, memulai karir internasional yang mencakup tidak kurang dari 150 konser tanggal setahun. Dia telah menyusun dan mencatat banyak album dan soundtrack, dan telah menerima pengakuan secara luas sebagai komposer untuk ansambel banyak dan kolaborasi bersejarah. Baru-baru ini, ia telah menyusun soundtrack untuk film-film Dalam Penitipan, debut sutradara Ismail Merchant, Little Buddha oleh Bernardo Bertolucci, yang Zakir disusun, dilakukan dan bertindak sebagai penasihat musik India dan Vanaprastham, yang dipilih untuk diputar di Cannes Film Festival Mei , 1999.
Zakir menerima kehormatan yang berbeda dari co-menyusun musik pembukaan Olimpiade Musim Panas di Atlanta, 1996, dan ditugaskan untuk menulis musik untuk balet premier kontemporer San Fransisco, Lines, dan untuk menyusun sebuah karya asli untuk Jazz San Francisco Festival, kedua pada tahun 1998. Ia telah menerima banyak hibah dan penghargaan, termasuk partisipasi dalam program Meet Composer didanai oleh Pew Memorial Trust.
Pada tahun 1987, solo pertamanya rilis, "Membuat Musik," telah diakui sebagai "salah satu album yang paling terinspirasi fusi Timur-Barat yang pernah tercatat." Pada tahun 1988, ia menjadi termuda perkusi untuk pernah dianugerahi gelar "Padma Shri" oleh pemerintah India, sebuah gelar yang diberikan kepada warga sipil merit. Pada tahun 1990, ia dianugerahi Penghargaan Indo-Amerika di pengakuan atas kontribusi luar biasa budaya untuk hubungan antara Amerika Serikat dan India. Pada bulan April 1991, ia disajikan dengan Sangeet Natak Akademi Award oleh Presiden India, membuatnya salah satu musisi termuda yang menerima penghargaan dari lembaga pemerintahan budaya India. Zakir adalah penerima Warisan Nasional 1999 Persekutuan, kehormatan Amerika Serikat yang paling bergengsi untuk master dalam seni tradisional.
Pada tahun 1992, Planet Drum, album co-dibuat dan diproduksi oleh Zakir dan Mickey Hart, telah memenangkan Grammy untuk Best World Music Album, Kritik pembukaan lagu Poll untuk Beat Terbaik Dunia Album dan NARM Indie Best Seller Award untuk World Music Recording. Planet Drum, dengan Zakir sebagai direktur musik, tur nasional pada tahun 1996 dan 1997. Zakir terus juga untuk tur dengan musisi dari Shakti - John McLaughlin, Shankar dan TH Vinayakram - dalam kolaborasi yang berbeda dan ansambel serta memimpin berbagai perkusi ansambel dari desain sendiri. Dalam Summer'99, Shakti kembali dikelompokkan untuk tur internasional.
Pada tahun 1992, didirikan Zakir Moment! Records yang menampilkan kolaborasi asli dalam bidang musik dunia kontemporer, serta pertunjukan konser oleh guru besar dari musik klasik India. Label menyajikan dunia sendiri Zakir's ansambel perkusi, Pengalaman Rhythm, baik Utara dan India Selatan rekaman klasik, Best of Shakti, dan seri Masters Percussion.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar