Jumat, 03 Juni 2011

Charlie Watts


Lahir pada tanggal 2 Juni 1941, di London, Inggris. Selama lebih dari empat dekade, Charlie Watts telah menjadi tokoh terkemuka dalam dunia rock and roll sebagai drummer lama dari Rolling Stones. Dia dibesarkan di Wembley dekat London sebagai putra seorang sopir truk.
The Rolling Stones mencetak No 1 hit pertama mereka di Amerika Serikat pada tahun 1965 dengan "Kepuasan." Sebuah string dari lagu sukses lainnya dengan cepat diikuti seperti "Paint It Black" dan "Ruby Selasa." The "World's Greatest Rock & Roll Band" terus menikmati popularitas besar selama dua dekade berikutnya.
Sedangkan sisanya dari band ini budidaya citra mereka sebagai anak-anak nakal musik rock, Watts telah menikah. Ia menikah dengan Shirley Ann Shephard pada tahun 1964, dan pasangan menyambut anak perempuan bernama Seraphina empat tahun kemudian.
Sekitar usia sepuluh, Watts menemukan jazz dan musik blues, Miles Davis dan John Coltrane adalah dua dari pengaruh awal. Dia mulai bermain musik sendiri beberapa tahun kemudian, banjo mengkonversi ke dalam sebuah snare drum. Tapi musik hanyalah bunga samping untuk Watts pada saat itu. Dia meninggalkan sekolah pada usia 16, dan kemudian belajar di Harrow School of Art.
Pada tahun 1980, Watts menemukan waktu untuk mengejar proyek-proyek di luar Rolling Stones. Ia kembali ke cinta pertamanya, jazz, dengan membentuk sejumlah kelompok yang berbeda, termasuk band 32-piece disebut Charlie Watts Orchestra. Sekitar waktu yang sama, Watt bekerja dengan anggota Rolling Stones awal Ian Stewart dalam band Rocket 88.
Pada awal 1990-an, Watts merilis beberapa album dengan kelompok lain, Charlie Watts Quintet, termasuk penghormatan kepada Charlie Parker. Dia bergabung dengan drummer Jim Keltner untuk tahun 2000 Charlie Watts / Jim Keltner Proyek, yang mencakup spektrum yang luas dari gaya musik. Pada tahun 2004, ia mengeluarkan sebuah album dengan Charlie Watts dan Tentet, lain ansambel jazz. Watts, seorang perokok lama, juga didiagnosa menderita kanker tenggorokan tahun itu. Ia menerima pengobatan, dan melakukan pemulihan penuh.
Watts terus merekam dan bermain dengan Rolling Stones dan mengharapkan untuk tinggal dengan band sampai Mick Jagger atau Keith Richards memutuskan untuk pensiun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar