Jumat, 03 Juni 2011

Klaus Weiss


Lahir di Gevelsberg, Westphalia, pada tanggal 17 Februari 1942, Klaus Weiss belajar sendiri untuk bermain drum dan memulai karir profesionalnya pada usia 16 sebagai anggota dari Jazzopators, sebuah kelompok yang disertai terompet Amerika Nelson Williams dan juga penyanyi Inez Cavanaugh.
asosiasi musiknya telah memasukkan Benny Bailey, Cecil Bridgewater, Don Byas, Philip Catherine, Eddie "kejang mulut" Davis, Jerry Dodgion, Klaus Doldinger, Kenny Drew, Booker Ervin, Wilton Gaynair, Herb Geller, Dusko Goykovic, Johnny Griffin, Friedrich Gulda, Slide Hampton, Billy Harper, Hampton Hawes, Yordania Clifford, Herbie Mann, Howard McGhee, Don Menza, Montoliu Tete, George Mraz, Nistico Sal, Norris Walter, PARLAN Horace, Bud Powell, Jerome Richardson, Tony Scott, Thomas René, Waldron Mal , Leo Wright dan Zoller Attila.
Ketika Klaus Weiss memulai karir profesional di tahun 1958, drumer baik di Eropa masih sangat sedikit dan jauh antara. Weiss, bagaimanapun, mendapat kasih karunia dengan mengunjungi bintang-bintang jazz karena, sebagai Johnny Griffin diamati, "dia adalah salah satu drumer beberapa Eropa dengan perasaan khas Amerika."
Dari tahun 1962 hingga 1965 ia bekerja dengan Klaus Doldinger dan selama saat ini dia mantra di Paris, di mana ia bekerja di klub Catatan terkenal Blue dengan Bud Powell, Johnny Griffin dan Kenny Drew.
Pada tahun 1965 ia membentuk trio yang didukung pemain saksofon Amerika Don Byas dan Leo Wright dan Jamaika Wilton Gaynair. Tahun itu Weiss yang sama tur dengan kelompok yang mencakup Sal ​​Nistico dan Dusko Goykovic dan juga bermain beberapa kurma dengan Don Menza.
Trio tahun berikutnya Weiss, sekarang dengan pianis Rob Franken dan bassist Rob Langereis, tur dengan Booker Ervin. Pada tahun yang sama Weiss memenangkan Kompetisi Jazz Internasional di Wina.
Setelah mantra dengan Erwin Lehn Big Band (1967 - 68), Klaus Weiss pindah ke Munich, bergabung dengan Bayerischer Hessischer Jazz Ensemble yang dipimpin oleh Joe Haider dan muncul berkali-kali di klub merayakan Domisili Munich. Pada akhir tahun enam puluhan dan awal tahun tujuh puluhan, ia menjadi semakin aktif sebagai musisi studio. Pada tahun 1971 ia bekerja dengan kuartet multi-nasional yang menampilkan bassist Amerika Jimmy Woode, Belanda pemain saksofon Ferdinand Povel dan Austria pianis Fritz Pauer, dan pada musim gugur tahun itu tur dengan orkestra all-star yang meliputi Slide Hampton, Don Menza, Herb Geller, Fritz Pauer, Catherine Filipus dan Chuck Findley.
Pada paruh pertama tahun 1970-an, Klaus Weiss bekerja dengan Horst Jankowski Sextet, trio mantan pemain saksofon Mingus Bobby Jones dan Eugen Cicero Trio. Dari tahun 1975 sampai tahun 1977 ia melakukan tur dengan Mal Waldron dan dengan Dusko Goykovic Big Band dan kemudian, antara tahun 1978 dan 1983, Weiss memimpin kwintet yang menampilkan berbagai solois tamu, termasuk Sal Nistico, Romawi Schwaller, Clifford Jordan dan Andy Scherrer. Dia juga bermain dengan pianis Katalan Tete Montoliu, dengan Eddie "kejang mulut Davis" dan dengan WDR dan band NDR besar.
Pada 1980-an tur dengan Clifford Yordania dan Horace PARLAN, bermain dengan multi-instrumentalis Jerome Richardson dan tur dengan kwintet barunya. Pada tahun 1984 ia merekam sebuah album big band, "petir '" yang dinominasikan untuk Süd Jazz Funk Barat Prize.
Pada tahun 1991 Klaus Weiss membentuk trio baru dengan pianis Rob van Bavel dan bassis Thomas Stabenow dan juga mengumpulkan kelompok Saksofon Connection (dengan Roman Schwaller, Andy Scherrer, Dado Moroni dan Thomas Stabenow) yang merekam album baik untuk L & R Records (Bellaphon) .
Dalam sebuah karier yang sangat bervariasi, Klaus Weiss telah membuat 17 album atas nama sendiri, dengan formasi mulai dari trio, kuartet, kwintet dan musik untuk enam orang untuk orkestra penuh, dan telah muncul di berbagai album lain sebagai sebuah sideman.
filsafat Weiss musik adalah bahwa musik jazz baik - yang berarti jazz dimainkan oleh profesional sempurna yang memiliki hubungan kuat dengan satu sama lain dan arti yang sama arah musik - adalah musik yang sangat tahan lama. Dia mengatakan: "musik Count Basie masih akan up to date 50 tahun dari sekarang."
Hal ini penting bahwa Klaus sendiri mendefinisikan pendekatan ke drum sebagai langsung yang berasal dari beberapa drumer Amerika besar yang ia mulai mendengarkan di awal 1950-an.Kata Klaus:. "Bagi saya, esensi jazz drum besar yang dicontohkan oleh orang-orang raksasa, seperti Big Sid Catlett, Klook, Blakey, Buddy dan Philly Joe ini memiliki semua drumer telah mendengarkan, masing-masing dengan kepribadian sendiri, tetapi memiliki kesamaan kemampuan besar untuk ayunan, untuk menghasilkan kegembiraan, dan untuk merangsang solois Dan selain suara mereka dan cara bermain., saya sangat tertarik dalam American drum dasar karena, seperti yang saya temukan pada saat itu, semua drumer besar Amerika mengenal dan menggunakan dasar-dasar yang penting - tetapi hanya sedikit dari drumer Eropa pada tahun lima puluhan tampaknya telah berasimilasi elemen-elemen ini -. setidaknya, untuk telinga saya "
Dia meninggal 10 Januari 2008 sangat mengejutkan menderita gagal jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar