Jumat, 15 April 2011

Roy Haynes




Ketika Roy Haynes memainkan drum nya, enam puluh tahun pengalaman menginformasikan setiap stroke otoritatif. Seorang musisi yang bekerja sejak 1942, ayunan Haynes 'tak henti-hentinya dan suara mengejutkan telah menghiasi band dari who's-yang daftar inovator jazz di spektrum yang luas dari improvisasi.
Roy Haynes lahir di Boston, 13 Maret 1926, dan sangat tertarik dalam musik jazz sejak dia bisa mengingat. Terutama otodidak, dia mulai bekerja secara lokal pada tahun 1942 dengan musisi seperti Kristen Charlie infleksi gitaris Tom Brown, pemimpin band Sabby Lewis, dan Kansas City blues-berteriak alto saxophone Pete Brown, sebelum mendapatkan panggilan pada musim panas 1945 untuk bergabung legendaris pemimpin band Luis Russell (bertanggung jawab untuk banyak dukungan musik Louis Armstrong 1929-1933) untuk bermain bagi para penari di New York legendaris Savoy Ballroom. Ketika tidak bepergian dengan Russell, drummer muda menghabiskan banyak waktu di Manhattan 52 Street dan pusat kota di Minton's, inkubator legendaris bebop, menyerap pemandangan.
Haynes sang drummer Lester Young dari tahun 1947 hingga 1949, bekerja dengan Bud Powell dan Miles Davis di '49, menjadi drummer Charlie Parker pilihan 1949-1953, tur dunia dengan Sarah Vaughan 1954-1959, apakah pertunjukan diperpanjang banyak dengan Thelonious Monk di 1959-60, membuat delapan rekaman dengan Eric Dolphy di 1960-61, bekerja secara luas dengan Stan Getz 1961-1965, diputar dan direkam dengan John Coltrane Quartet 1963-1965, telah sesekali berkolaborasi dengan Chick Corea sejak tahun 1968, dan dengan Pat Metheny selama 90-an. Metheny adalah fitur pada rilis sebelumnya Haynes 'Dreyfus Te Tuanku! (Dipilih oleh NAIRD sebagai Best Jazz Kontemporer Rekaman 1996). Dia menjadi pemimpin band aktif dari akhir '50-an sampai sekarang, menampilkan seniman dalam kinerja dan pada rekaman seperti Phineas Newborn, Booker Ervin, Roland Kirk, George Adams, Hannibal Marvin Peterson, Ralph Moore dan Donald Harrison. Sebuah abadi atas tiga drummer di pembukaan lagu Poll Pembaca Awards, ia memenangkan penghargaan Best Drummer pada tahun 1996, dan pada tahun itu menerima Prancis bergengsi Chevalier des l'Artes Ordres et des sastra.
Pada Pujian, ia mengumpulkan sebuah kwintet top-rak improvisers setengah usianya. Master 72 tahun serangan sembilan lagu dari setiap sudut yang mungkin dan konfigurasi mungkin; biasanya, kohort muda harus menggunakan setiap ons energi kreatif tidak akan dibiarkan debu. Mereka youngbloods termasuk dua pendatang baru untuk lingkaran Haynes ', altoist Kenny Garrett dan tenorist David Sanchez. putra Roy Haynes Graham menambahkan suara yang khas pada cornet dan flugelhorn ke garis depan yang kuat. Pianis David Kikoski telah dengan Haynes selama 15 tahun, sementara bassis Dwayne Burno adalah baru memulai.
Seperti pada sebelumnya dua rekaman untuk Dreyfus (Saat Ini Haynes, itu mengaum dan Te Tuanku!), Pujilah mengacu pada warisan mulia Haynes 'sekaligus taat tegas untuk kredo-nya, "Sekarang waktunya." Dalam pengaturan imajinatif, Haynes prangko kepribadiannya pada setiap lagu, intuitif merancang frase berirama seperti seorang penari tekan besar. "Potongan struktur Aku seperti naik kuda," katanya. "Kau tarik kendali di sini, Anda kencangkan di sini, Anda tidak lengket di sana aku masih duduk di kursi pengemudi,. Sehingga untuk berbicara. Saya biarkan longgar, aku membiarkannya pergi, aku melihat di mana itu pergi dan apa yang Kadang-kadang saya merasa seperti membawanya keluar, kadang-kadang aku akan sopan, bagus dan biarkan bergerak dan bernapas -. selalu di saku dan dengan perasaan Jadi musik yang ketat tetapi longgar "..
Haynes memunculkan pertunjukan yang luar biasa. Sebagai contoh, ada duo mengejutkan dengan Kenny Garret pada "My Little Suede Shoes." 49 tahun setelah Haynes perangkap bermain bersama dua congueros pada rekaman asli Charlie Parker, ia dialog dengan ganas altoist hampir dalam meter bebas, yang berarti mengalahkan. "Israel" merupakan penghargaan untuk teman Haynes ', komposer John Carisi, yang perdana pada April 1949 Kelahiran sesi Cool untuk Capitol dengan Kenny Clarke pada drum. Di sini solois mengambil tepat, solo elegan pada perubahan menantang, didorong oleh Haynes 'all-atas lukisan irama. "Touch Of Your Lips" adalah yang terbaru dalam serangkaian balada Sarah Vaughan yang Haynes telah mencatat, menampilkan pernyataan menarik Graham Haynes pada flugelhorn. David Sanchez, dalam bentuk halus sepanjang, pukulan bore penuh pada Coltranesque Kikoski's "InnerTrust, "sedangkan pianis serbaguna mendapatkan fitur trio dua - interpretasi yang lezat dari himne tradisional". Morning Has Broken "dan versi beramai-ramai dari McCoy Tyner" Blues On The Corner, "bermain piano elektrik Tiga tanduk menangani Chick Corea's berirama rumit "Mirror, Mirror" dengan Panache, sementara ada interaksi ensemble ingin seluruh "Setelah Sunrise," ditambah dengan di-permintaan Latin perkusi Daniel Moreno. Sidang menyimpulkan dengan halus bertekstur drum solo, "Shades of Senegal."
Haynes menilai persona gelisah nya -. "Saya selalu berlatih di kepalaku Bahkan, seorang guru di sekolah pernah mengirim saya untuk kepala sekolah, karena saya drum dengan tangan saya di meja di kelas Ayah saya sering berkata aku hanya. . gelisah Saya selalu berpikir irama, drum Ketika saya masih sangat muda saya digunakan untuk berlatih banyak;. tak ada sesuatu yang khusus, tetapi hanya bermain praktek Sekarang aku seperti dokter Ketika dia beroperasi pada Anda, dia berlatih... Ketika saya pergi ke gigs saya, itu latihan saya, saya mungkin memainkan sesuatu yang saya tidak pernah dengar sebelumnya atau mungkin yang Anda pernah dengar sebelumnya.. Ini semua tantangan. saya berurusan dengan suara. aku penuh irama, man. saya merasa itu . Saya pikir musim panas, musim dingin, musim gugur, musim semi, panas, dingin, cepat dan lambat - warna Tapi aku tidak menganalisis itu saya sudah bermain profesional selama 50 tahun, dan itulah cara saya melakukannya aku selalu... mengejutkan diriku Kejutan terburuk adalah ketika saya tidak bisa hal itu terjadi.. Tapi biasanya datang keluar. Saya tidak bermain untuk waktu yang lama, dan kemudian aku seperti hewan, singa atau harimau terkunci di kandangnya , dan ketika aku keluar aku mencoba untuk menahan diri saya. tidak ingin bermain berlebih-lebihan. aku seperti orang untuk perdagangan, dan aku hanya tetap bergerak, dan menyebar ritme, seperti Coltrane kata. Keep it bergerak, tetap renyah . "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar